Tuban Juara Festival Kesenian Jawa Timur 2014

kesenian

Surabaya (Antara Jatim) – Tim dari Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai juara umum pelaksanaan Festival Kesenian Jawa Timur 2014 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim.

Panitia Seksi Publikasi Festival Kesenian Jawa Timur 2014 Henri Nurcahyo di Surabaya, Minggu menjelaskan bahwa sebetulnya dalam ajang itu tidak ada penetapan kriteria atau istilah juara umum, namun Kabupaten Tuban memperoleh penghargaan terbanyak.

“Festival ini kami selenggarakan sejak 29 April hingga 3 Mei dan Sabtu (3/5) malam sudah dilakukan penyerahan hadiah,” kata pegiat kesenian yang juga dikenal sebagai pengamat seni rupa ini.

Menurut dia, Kabupaten Tuban mampu meraih jumlah penghargaan bergengsi terbanyak dalam festival yang digelar di Gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur itu.

Dalam Festival Karya Tari (FKT), katanya, Tuban menjadi Penyaji Terbaik, Penata Tari Terbaik (atas nama Hendrid Suko Tri Utomo), Penata Musik Terbaik (Purwosuleksono), serta Penata Rias dan Busana Terbaik (Marista Ekanatalia).

Sementara dalam Festival Lagu Daerah (FLD) Kabupaten Tuban juga berhasil meraih predikat sebagai Penyaji Terbaik dan Pencipta Lagu Terbaik (Joko Wahyuono).

Untuk Festival Lawak dan Jula-Juli yang hanya dikuti 17 peserta, Kabupaten Tuban memang tidak mengirimkan wakilnya. Pada festival ini memang tidak menerapkan kriteria kejuaraan berjenjang (rangking), namun hanya tiga terbaik nonrangking.

“Dalam hal ini Tuban meraih predikat terbaik dalam sejumlah katagori tersebut di atas tanpa diikuti oleh daerah lainnya.

Selain Kabupaten Tuban dengan karya berjudul ‘Gagar Mayang’, tiga Penyaji Terbaik nonrangking dalam FKT adalah Kabupaten Lamongan (Wayangan) dan Tulungagung (Raja Patmi ¿ Gayatri),” ujarnya.

Tiga Penata Tari Terbaik nonrangking adalah Ratna Cempaka (Lamongan), Bimo Wijayanto (Tulungagung) dan A. Hendrid Suko Triutomo (Tuban).

Tiga Penata Musik Terbaik nonrangking adalah Kukuh Setyo Budhi Akhirianto (Surabaya), Tri Wibowo (Tulungagung) dan Purwo Suleksono (Tuban).

“Dari data di atas posisi Tuban memang selalu dibayangi oleh Tulungagung, namun dalam kriteria Tiga Penata Rias dan Busana Terbaik, tidak terdapat nama Tulungagung. Hanya Tuban (Marista Ekanatalia), Pacitan (Adi Peni) dan Sidoarjo (Teguh),” katanya. (*)

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/132313/tuban-juara-festival-kesenian-jawa-timur-2014

Comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>